Skip to content

Element

November 18, 2010

abis lihat kaskus dan ada yg lagi ngebahas Avatar: The Last Airbender. dan karena baru inget klo gw masih punya blog, iseng2 gw mau ngebahas tentang elemen.

Ada beberapa pengklasifikasian elemen, tapi gw mau ngebahas yang dasar, Cina, dan Jepang aja, karena ini yang paling gampang.

1. Classical Element

Ini klasifikasi yang paling universal dan paling sering digunakan. Ini juga klasifikasi yang dipakai di Avatar. Di sini elemen dibagi menjadi 4 (angin, api, tanah, air), dan tiap elemen punya 2 dari 4 sifat yang ada (panas, kering, dingin, basah).

Four Classical ElementsAir/Angin: Sifat primer basah, sifat sekunder panas

Fire/Api: Sifat primer panas, sifat sekunder kering

Earth/Tanah: Sifat primer kering, sifat sekunder dingin

Water/Air: Sifat primer dingin, sifat sekunder basah

 

Pengklasifikasian ini dan sifat2nya juga dipakai dalam ilmu yang dipopulerkan oleh Nicholas Flamel: Alchemy. Para Alchemist (orang2 yang mempraktekkan alkemi) percaya dengan menambahkan suatu sifat/elemen pada satu benda, maka benda tersebut dapat berubah menjadi benda lain. kapan2 gw akan membahas alkemi ini.

2. Wu Xing

Wu Xing dapat diartikan sebagai 5 Elemen/5 langkah. Ini adalah pengklasifikasian yang dipakai oleh orang cina. lucunya, Avatar, yang didasarkan dari peradaban cina (kalau dilihat dari orang2ny dan arsitekturny) tidak memakai klasifikasi ini, tapi memakai elemen klasik. Elemen cina ini memiliki suatu siklus kehidupan (生, shēng) dan kehancuran (剋/克, )

Siklus Kehidupan:

Kayu memberi makan Api

Api membuat Tanah (Abu)

Tanah mengandung Metal

Metal membawa Air (seperti dalam ember atau tempat air, atau kondensasi Air di Metal)

Air menghidupi Kayu

dan apabila siklusnya kita balik:

Kayu menyerap Air

Air mengkaratkan Metal

Metal menghancurkan Tanah

Tanah menutupi Api

Api memakan Kayu

Siklus Kehancuran

Kayu memisahkan Tanah

Tanah menyerap Air

Air memadamkan Api

Api melelehkan Metal

Metal memotong Kayu

gw pertama melihat susunan elemen ini di komik Yu-Gi-Oh, dimana waktu itu Yugi berduel menggunakan kartu dengan naga2 elemen (sebelum permainan Duel Monster). Dia memakai susunan elemen ini dalam duel tersebut.

3. Five Elements (Japan Philosophy)

Ada 2 pengklasifikasian elemen di jepang, gogyō (五行) yang didasarkan dari 5 elemen Cina di atas, dan godai (五大) yang berasal dari Buddhisme. Gw akan membahas yang kedua sekarang.

Susunan elemen ini dikenal secara luas dari tulisan Miyamoto Musashi, Gorin-no-sho (The Book of Five Rings), yang menggambarkan aspek2 berpedang dengan menghubungkan tiap aspek ke tiap elemen. 5 elemen ini mirip dengan elemen klasik, dengan tambahan Lighting (sering diartikan dengan Void).

Chi (地)

Chi/Tsuchi berarti Tanah, menggambarkan benda2 yang keras dan solid. Dalam tubuh manusia, Chi mewakili tulang, otot, dan jaringan tubuh. Secara emosional, Chi mewakili kekeras-kepalaan, stabilitas, dan fisikalitas.

Ka (火)

Ka/Hi berarti Api, menggambarkan benda2 bergerak dan energik. Dalam tubuh manusia, Ka mewakili metabolisme dan panas tubuh. Secara emosional, Ka mewakili nafsu dan semangat.

(風)

Fū/Kaze berarti Angin, menggambarkan benda2 yang berkembang dan bebas bergerak. Dalam tubuh manusia, mewakili pernapasan. Secara emosional, mewakili pemikiran terbuka dan kebebasan.

Sui (水)

Sui/Mizu berarti Air, menggambarkan benda2 yang cair, mengalir, dan tak berbentuk. Dalam tubuh manusia, Sui mewakili darah dan cairan tubuh. Secara emosional, Sui mewakili adaptasi dan perubahan.

(空)

Kū/Sora berarti kekosongan, namun dapat juga diartikan sebagai langit atau surga, menggambarkan hal2 yang berada diluar kehidupan kita sehari-hari, biasanya merupakan energi murni. Dalam tubuh manusia, mewakili ruh dan pikiran. Secara emosional, mewakili kreativitas.

mungkin kalian juga pernah melihat susunan elemen ini, yaitu dalam komik Naruto. Disitu Naruto memiliki angin () dan Sasuke dengan Api (Ka) dan Petir (), meskipun sebenarnya petir dapat dianggap sebagai perpanjangan dari Ka.

Dan begitulah pembahasan tentang elemen, cukup menarik sebenarnya, terutama dalam filosofi Jepang yang dihubungkan dengan sifat dan tubuh. Mungkin kapan2 gw akan mencoba membahas lanjutan dari elemen2 ini, Alkemi.

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: